Cari blog Anda....

Kamis, 11 Maret 2010

Contoh Diklat PMR

Diklat PMR
Di hari pertama para anggota baru dikenalkan tentang apa itu PMR, Kapan berdiri, materi tentang PK (Perawatan Keluarga), serta berbagai materi lain yang berkaitan dengan PMR. 12 anggota baru ikut berpartisipasi dalam acara ini sebagai peserta, mereka menyimak dan memperhatikan dengan tekun uraian yang disampaikan oleh senior-senior mereka, yang tampak kompak menggunakan kostum kebesaran PMR berwarna ungu. Di hari pertama ini materi diberikan di ruang kelas, sehingga materi teori ini bisa diberikan secara leluasa.

Diklat
Rapat Alumni

Diklat itu juga dihadiri oleh alumni PMR, para alumni dulu juga sempat mengharumkan nama PMR dan MAN 3 Malang dalam berbagai kejuaraan kepalangmerahan. Ada alumni 2003, 2004,2005, 2006, 2007 dsb, sehingga meski disibukkan dengan berbagai aktivitas kampus dan pekerjaannya, namun mereka punya komitmen yang tinggi untuk membesarkan PMR.

Di lain pihak, panitia PMR yang kebanyakan berasal dari kelas XII dan XI mengadakan rapat untuk membahas serta memantapkan rute jelajah untuk keesokan harinya, rapat itu juga diikuti oleh alumni dengan tujuan untuk memberikan evaluasi beserta jalan keluar.

Keesokan harinya diwaktu pagi, peserta diklat sudah berkumpul dan mendapat pengarahan untuk acara di pagi itu. Mereka juga mendapat materi tentang kepalangmerahan.

Jelajah medan menjadi menu acara dipagi itu, peserta dibagi menjadi 2 grup, dengan tiap grub terdiri dari 6 orang, sebelum mereka berangkat ke medan jelajah mereka terlebih dahulu tiap kelompok diwajibkan untuk membuat yel-yel penyemangat. Pun juga dengan panitia, mereka juga dibagi untuk menempati pos mana aja. Materi dalam jelajah ini kebanyakan berupa praktek langsung berdasar teori yang diberikan di kelas

Di Pos pertama mereka harus menghadapi ujian pertama yaitu para senior memberikan corat-coret ke wajah mereka, coretan tersebut berwarna putih sehingga bukannya kesan garang yang berhasil ditampangkan, namun malah kesan lucu dari riasan wajah para peserta.

Pos selanjutnya mereka mendapat praktek PP (Pertolongan Pertama), tanpa instrukstur para peserta langsung disuruh untuk menangani pasien. Pembenaran beserta evaluasi baru dilakukan ketika peserta usai melakukan praktek. Yang paling seru tentunya di pos yang terletak di sungai, di pos itu peserta disuruh berdiri di sungai, lalu oleh senior mereka diberi pertanyaan, dari pertanyaan yang diajukan harus bisa dijawab, jika sudah 3 kali salah maka peserta itu harus berendam di sungai. Materi pertanyaan adalah seputar dari kegiatan Diklat itu, semisal, Kapan Palang Merah Dunia Berdiri? Siapa Pendiri Palang Merah Dunia? dll.

Rapat
Mencoreti Wajah

Laporan Di Pos
Berendam

Di selanjutnya peserta mendapat materi tentang penggunaan alat-alat kesehatan, materi ini dibina langsung oleh alumni, yaitu salah satu alumni PMR yang sekarang Kuliah di Jurusan Kedokteran.

Di pos ini merupakan posnya alumni karena, selain ada materi itu, alumni juga memberikan materi tentang ideologi, kebanggaan, beserta hal-hal lain, yang intinya memberikan semangat kepada adik-adik untuk bangga memakai atribut ungu-ungu.

Praktek PP
Materi Kesehatan

Ketika memasuki akhir pos, diadakan demo, yaitu unjuk kebolehan dari tim PMR MAN 3 Malang dalam menangani pasien, demo yang disajikan benar-benar bagus dan luar biasa keren, tidak hanya peserta diklat saja yang melihat, namun juga warga disekitar yang ikut menyaksikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar